15.6.10

Penjurusan Sudah Dekat!!!

waduh tar lagi skul gw bakal bagi rapor ni!!!
bagi murid kelas X kayak gw, kami bakal menghadapi eksekusi *ngaco!*, maksudnya PENJURUSAN!!!
wakz.. gila deh.. cuma jurusan doang diributin..
well, knapa juga harus diributin? brarti kalian lum ada tujuan masa depan dong?
hmm... klo menurut gw sih, ga masalah antara ga ounya tujuan masa depan tar atau gak, tapi masalahnya itu SEKARANG, apa kamu mampu menempuh semua sekarang?
ehem! maksud gw, saat ini, kita pengen atau ngebeeeeeeeetttttttt banget masuk IPA, tapi nilai kamu ga mencukupi, mending masuk IPS toh?
tapi, klo emang kamu udah punya tujuan buat prospek masa depan kamu, ya perjuangin aja buat masuk IPA...

btw, gw ada studi kasus gini. gw ada denger ni gosip dari anak" sekolah gw. mreka bilang gini "eh si A *maaf nama disamarkan* itu bilang pengen masuk IPS, katanya "aq ni males di IPA", padahal dia itu ga bisa di IPA, dasar ga mau jujur! klo aq pasti masuk IPA, soalna malu uy masuk IPS, IPS kan kelas BUANGAN. liat aja klo anak IPA ga mampu, dilempar k IPS, klo anak IPS ga mampu, mau dilempar kemana? ga ada kan kasus anak IPS ga mampu dilempar k IPA?? *nada mengejek*"

intinya si B yg bilang ini gengsi berat buat masuk IPS, karna dia ga mau kayak si A, diejek karna mau masuk IPS. naaa, masalahnya adalah,
kenapa banyak orang apalagi murid" zaman sekarang masih mikir klo masuk IPA itu dianggap pintar daripada yg masuk IPS yang dianggap kelas BUANGAN?

waduh, gw ga tau bener tuh jawabannya, klo menurut gw sndiri, pendapat gw, yaaa, kita nilai dari prospek masa depan kita lha, masa hanya karena gengsi ma temen, masa depan kita tar hancur berantakan gitu? ngga la kan??

ngomong" soal penjurusan, gw dah menetapkan tujuan, gw bakal masuk IPS, soalna ga ada salah satu dari mimpi gw menjurus ke IPA, yang ada k BAHASA , n d skul gw ga ada kelas bahasa...
klo ada yang tau dari sekian cita" gw ni masuk IPA, tolong kasih tw gw ya, ni butuh buat pertimbangan..
hehe
gini ni : manajemen perhotelan, fotografer, duta besar luar negeri, tour guide *i dunno why*, penerjemah.


naaaa... buat kalian yg masih bingung buat nentuin jurusan yg kalian pengen, gw punya saran!

pertama, liat nilai rapor kamu, trus dibagi, besar IPA, besar IPS, atau besar BAHASA?

kedua, klo kamu skul gitu, pelajaran mana yg bikin kamu paling semangat *yg masuk bagian IPA, IPS, atau BAHASA doang ya*, klo kamu lebih doyan ke seni, olahraga, dsb, kamu bisa minta ortu kamu pindah k skul khusus seni, olahraga, dsb. namanya buat prospek masa depan, tentunya harus diasah dulu dari batu biasa jadi berlian :)

ketiga, kamu punya cita" jadi apa? naaa, bagian ini, tolong jangan cita" yg ga "mungkin" ya, ini menentukan masa depan kamu sendiri! umm.. klo menurut gw sih, masalah cita" ni mestinya dipikirin dari jauh" hari, n jangan cepet", soalna, kmu pasti bakal nyesel deh klo mikirin sekarang, atau kamu terpengaruh temen kamu, trus kamu menyadari kamu ga berbakat atau ga menyukai bidang itu nantinya, padahal kamu sudah di jurusan yg kamu pilih sebelumnya *waktu terpengaruh ma temen*, nyesel banget deh! makanya pikirin mateng", bila perlu minta saran ortu *di cara k 4*, mnuruti permintaan ortu pun ga salah, karna mungkin aja kita menemukannya di jalan yg ortu kita pilih.

keempat, tanya pendapat orangtua *yang ini klo emang tetep ga bisa nentuin dari cara" diatas*, orangtua itu emang bilang "terserah kamu", tapi coba deh crita dari pengalaman kamu yg diatas", ortu kamu pasti ngasih saran yg menurut mereka sesuai dengan kamu.

naaaa.. sekian dari saran" gw buat yg masih bingung menentukan jurusan yg akan dipilih nanti...
so, jangan pernah nyesel dengan apa yg sudah kamu pilih sendiri, jalani aja jalan yg udah kamu pilih sendiri, dengan bgitu kita akan menemukannya dan menikmatinya dengan sendirinya~

No comments:

Post a Comment